lalintas.com

3 Faktor yang Bisa Mengancam Pengendara saat Musim Hujan

Pendiri dan instruktur Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan ada beberapa bahaya saat musim hujan yang dapat mengancam pengendara motor maupun mobil.

“Kondsi jalan basah saat musim hujan bisa memberikan konsekuesni negatif pada daya cengkram ban ke permukaan jalan. Sehinggga saat bermanuver, baik pengendara mobil atau motor harus memperhitungkan situasi ini,” katanya kepada Tempo pada Jumat, 25 Januari 2019.

Bahkan, lanjut dia, pada satu sisi saat kecepatan tinggi tanpa terasa dapat terjadi aquaplaning atau hydroplaning, dimana permukaan ban melayang di atas permukaan air yang disebabkan oleh lapisan air di jalan.

Menurut Jusri, kondisi ini bisa menyebabkan efek slip pada ban atau disebut oversteer hingga hilang kendali. Selain itu, kondisi jalan juga bisa mengancam keselamatan akibat lubang yang tertutup air, sehingga pengendara motor atau mobil tidak dapat melihat permukaan jalan dengan jelas.

Saat menghantam lubang dengan keras, kendaraan bisa hilang kendali, terlebih pada sepeda motor yang berpotensi menyababkan kecelakaan.

 

Sumber: Tempo.co

Tulis Tanggapan
    Similar News
    Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    29 May 2019
    Ini Larangan Baru yang Harus Digalakkan Selain Pengendara Merokok
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    02 April 2019
    Mengenal arti markah jalan
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    13 March 2019