lalintas.com

6 Hal yang Harus Diperhatikan Pengendara Saat Musim Hujan

Pendiri dan instruktur Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menjelaskan enam hal yang harus diperhatikan pengendara baik motor maupun mobil saat musim hujan.

“Pertama, pada kondisi hujan pastikan kondisi kelayakan ban mulai dari permukaan ban, kualitas permukaan ban, dan tekanan angin ban harus sesuai rekomendasi tekanan angin yang ditetapkan,” katanya saat dihubungi Tempo Jumat, 25 Januari 2019.

Ia melanjutkan, karena tekanan angin yang berlebih akan mengurangi kemampuan cengkeraman ban. Sedangkan tekanan angin yang kurang, bisa membuat umur ban dan komponen kendaraan menjadi lebih pendek akibat benturan yang terjadi.

Kedua, setelah memastikan kondisi ban, pastikan juga perilaku mengemudi, artinya hindari gerakan-gerakan manuver yang tajam terutama pada sepeda motor.

Ketiga, hindari kecepatan berkendara sebagaimana pada kondisi tidak hujan. “Misalnya kalau tidak hujan bisa 60 kilometer per jam, maka saat hujan cukup 40 kilometer per jam. Intinya harus lebih rendah pada saat kondisi normal,” ujar Jusri.

Keempat, antisipasi jarak aman, pada permukaan jalan yang basah, jarak pengereman bisa lebih jauh. pastikan jaga jarak lebih jauh dari kondisi normal atau tidak hujan.

 

Sumber: Tempo.co

Tulis Tanggapan
    Similar News
    Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    29 May 2019
    Ini Larangan Baru yang Harus Digalakkan Selain Pengendara Merokok
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    02 April 2019
    Mengenal arti markah jalan
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    13 March 2019