lalintas.com

Ganjil Genap Diperluas, Efektifkah Atasi Kemacetan Jakarta?

Jelang perhelatan akbar Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperluas penerapan sistem ganjil genap, yang uji cobanya telah dimulai sejak senin (2/7) kemarin hingga 31 Juli mendatang.  

Meski dalam uji coba ini tidak terjadi penilangan kepada pelanggar aturan tersebut, namun mulai pada 1 Agustus 2018 nanti perluasan sistem ganjil akan berlaku secara penuh, serta akan diberlakukan penilangan.

Sistem ganjil genap kali ini selain memperluas areanya juga memperpanjang waktunya. Sebelumnya kita ketahui bersama, ganjil genap diberlakukan pada dua sesi, yakni 06.00 – 10.00 wib dan 16.00 – 20.00 wib. Namun, kali ini sistem ganjil genap akan diberlakukan selama satu hari penuh. Mulai dari 06.00 hingga pukul 21.00 wib.

Dilansir oleh liputan6.com, selain memperluas area dan menambah jam operasionalnya, melalui Dinas Perhubungan, pemerintah Provinsi Jakarta juga akan menambah beberapa marka jalan di sekitar lokasi yang akan menjadi lintasan para atlit.

Ruas jalan yang masuk dalam kawasan uji coba perluasan sistem ganjil genap ini antara lain Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan-simpang Slipi), Jalan Jenderal S Parman (simpang Slipi-simpang Tomang), Jalan MT Haryono (simpang UKI-simpang Pancoran-simpang Kuningan), Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jenderal DI Panjaitan (simpang Pemuda-simpang Kalimalang-simpang UKI), Jalan Jenderal Ahmad Yani (simpang Perintis-simpang Pemuda), Jalan Benyamin Sueb (simpang Benyamin Sueb-Kupingan Ancol), Jalan Metro Pondok Indah (simpang Kartini-Bundaran Metro Pondok Indah-simpang Pondok Indah-simpang Bungur-simpang Gandaria City-simpang Kebayoran Lama), dan Jalan RA Kartini.

Perluasan ganjil genap ini tidak berlaku untuk sepeda motor, kendaraan pimpinan lembaga Negara Republik Indonesia, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing, serta kendaraan operasional berpelat dinas.

Menurut Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, pihaknya akan terus mengevaluasi perluasan ganjil genap yang sedang dilakukan ujicoba ini. Masukan dan saran dari masyarakat sangat diharapkan terkait penerapannya mulai 1 Agustus mendatang.

“Setiap hari kita coba agar terus ada catatan yang menjadi perbaikan. Kenapa sekarang? Agar selama satu bulan ini menjelang Agustus kita ketemu solusi yang lebih matang dalam mengatasi kemacetan ibukota ini. Tentunya, kita tidak menutup diri dari segala saran dan masukan yang diberikan oleh masyarakat”, ujar Anis.

Sementara itu, masyarakat kota Jakarta mulai ramai memperbincangkan terkait uji coba penerapan sistem ganjil genap ini. Berbagai komentar dan tanggapan muncul. Mulai dari pernyataan setuju atas sikap yang diambil, hingga pertanyaan akankah sistem ganjil genap ini menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah kemacetan di jakarta.

Similar News
Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
lalintas.com
0
lalintas.com
29 May 2019
Ini Larangan Baru yang Harus Digalakkan Selain Pengendara Merokok
lalintas.com
0
lalintas.com
02 April 2019
Mengenal arti markah jalan
lalintas.com
0
lalintas.com
13 March 2019