lalintas.com

Ini Bahaya Kapasitas Penumpang Yang Berlebihan

Kendaraan memiliki kemampuan maksimal, salah satunya adalah load factor atau bobot yang bisa dibawa saat berkendara. Tujuannya agar setiap penggunanya selalu berada dalam batas aman saat di jalan. Baik itu dalam jumlah penumpang atau barang bawaan yang berlebihan, akan menimbulkan efek yang beragam. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi yaitu faktor perilaku dan faktor eksternal.

Jika dilanggar dengan alasan apapun, perhitungan keamanan tersebut akan percuma. Terlebih jika terjadi penambahan di luar kapasitas yang telah ditentukan pabrikan. Konsekuensi dan resiko di tanggung si pengemudi. Road safety  bagi pengemudi, aman mengendarai motor atau mobil harus terampil.

Berikut penjelasan Jusri Pulubuhu, Advisor Lalintas, terkait bahaya dari kelebihan penumpang baik pada kendaraan roda empat ataupun roda dua.

 

Mobil

Mobil mudah sekali kehilangan kendali, kemampuan ban dan suspensi sudah tidak bisa mengakomodir bobot yang ada. Dampaknya bisa menyebabkan hilang kendali dan sulit untuk disikapi driver.  Semakin kencang laju mobil dapat mengakibatkan hilang kendali. Faktornya ialah kondisi ban, kapasitas mobil dan kecepatan.

 

Sepeda Motor

Sepeda Motor tidak mengenal kata stabil. Mulai dari pergerakan tidak ada stabilitas yang ada  keseimbangan. Untuk mendapatkan keseimbangan ialah pengalaman. Motor seimbang karena lintasan yang landai, seating postur yang stabil. Kebanyakan ialah karena faktor kebiasaan.

Tulis Tanggapan
    Similar News
    Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    29 May 2019
    Pahami kesaktian plat nomor yang memiliki prioritas di jalan raya!
    lalintas.com
    22 April 2019
    Ini Larangan Baru yang Harus Digalakkan Selain Pengendara Merokok
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    02 April 2019