lalintas.com

Kebijakan Baru Untuk Menangani Kemacetan Di Tol Jakarta - Cikampek

Pasti kamu tahu kan kalau Tol Jakarta - Cikampek itu macet banget? Selain karena peningkatan jumlah kendaraan, kemacetan juga semakin parah karena adanya proses pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional di sekitar ruas jalan tol Jakarta ( LRT, jalan tol Jakarta- Cikampek elevated, dan Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung).

Melihat hal ini, Kementrian Perhubungan nggak diam aja lho! Terhitung dari tanggal 12 Maret 2018, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BTPJ) ternyata telah membuat kebijakan ganjil-genap di Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur untuk menangani kemacetan lalu lintas yang sangat parah itu.

Tapi, sebenarnya bukan kebijakan itu saja yang diterapkan. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 18 tahun 2018 ada 3 kebijakan yang diberlakukan serentak (1 paket) pada waktu yang bersamaan, yaitu mulai tanggal 12 Maret 2018. Apa saja ya? Yuk, kita bahas.

1.     Pengaturan jam operasional untuk angkutan barang (Golongan III, IV, dan V).

Sekarang, angkutan barang golongan III, IV, dan V (kecuali angkutan BBM dan Gas) tidak bisa bebas melewati ruas jalan tol Jakarta - Cikampek setiap saat. Karena, mereka hanya diperbolehkan melintasi jalan tol pada hari Senin - Jumat pukul 06.00 - 09.00 WIB saja. Bagaimana jika kendaraan angkutan barang sedang berada di perjalanan dan melintasi ruas jalan pada pukul 06.00? Mereka harus keluar melalui pintu tol terrdekat dan selanjutnya memanfaatkan jalan kawasan industri untuk berhenti di rest area truk setempat. Alternatif lainnya adalah dengan berhenti atau parkir terlebih dahulu di rest area sebelum ruas pemberlakukan kebijakan pembatas tersebut.

Pengaturan jam operasional untuk angkutan barang (Golongan III, IV, dan V).

2.     Pengaturan Kendaraan Pribadi melalui skema ganjil - genap pada akses Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta

Seperti beberapa ruas jalan protokol di jakarta yang menerapkan sistem ganjil-genap, Kementrian Perhubungan juga menerapkan sistem ini di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Kendaraan pribadi berplat nomor ganjil dan genap hanya boleh memasuki Tol ini sesuai dengan tanggal yang sesuai dengan nomor platnya. Kebijakan ini berlaku setiap Senin - Jumat pada pukul 06.00 - 09.00 WIB dan tidak berlaku pada hari libur nasional. Lalu bagaimana untuk pengguna kendaraan pribadi yang terimbas dengan kebijakan ini? Silakan masuk jalan tol melalui akses pintu tol lain atau melewati jalan arteri kalimalang. Tapi, daripada bermacet ria, lebih baik memanfaatkan angkutan umum, yuk! Kamu bisa menggunakan Transjabodetabek Premium yang tersedia di Summarecon dan Mega City di Bekasi Barat serta Grand Dhika Bekasi Timur. Disana juga disediakan tempat parkir mobil dengan tarif flat Rp. 10.000,- perhari, lho.

Pengaturan Kendaraan Pribadi melalui skema ganjil - genap pada akses Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta

3.     Pemberlakuan lajur khusus Bus di Jalan Tol Jakarta - Cikampek ruas Bekasi Timur - Jakarta

Ternyata, di jalan tol Jakarta - Cikampek ruas tol Bekasi Timur - Jakarta telah disiapkan lajur khusus untuk angkutan Bus yang berada di lajur 1. Selain untuk jalur Transjabodetabek Premium, lajur ini juga boleh dilewati oleh Bus Karyawan dan angkutan penumpang bus lainnya. Ketentuan ini berlaku setiap hari Senin - Jumat pada pukul 06.00 - 09.00 WIB dan tidak berlaku pada hari libur nasional.

Pemberlakuan lajur khusus Bus di Jalan Tol Jakarta - Cikampek ruas Bekasi Timur - Jakarta

 

Proses penyusunan dan implementasi kebijakan ini juga melibatkan lintas sektor, seperti Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), PT (Persero) Jasa Marga, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dan Pemerintah Kota Bekasi. Koordinasi lintas sektor dilakukan langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim.

Semoga dengan usaha Kementrian Perhubungan dan beberapa sektor membuat 3 kebijakan ini bisa membantu mengatasi kemacetan parah yang ada di Jalan Tol Jakarta - Cikampek, ya. Dan kita bisa lebih nyaman untuk melewati ruas jalan Tol tersebut.

 

Similar News