lalintas.com

Menjaga performa berkendara selama bulan puasa

Menjaga performa berkendara selama bulan puasa

Memasuki bulan puasa aktivitas berkendara tentunya tidak akan terhindarkan bagi manusia modern. Jalan raya tetap menjadi penyambung hidup manusia agar tetap dapat beraktivitas, masalahnya pada saat bulan puasa asupan mineral dan nutrisi berkurang.

Dikarenakan stamina yang relatif berkurang akibat terbatasnya asupan mineral dan nutrisi disaat menjalankan puasa, tentunya berefek kepada performa berkendara kita. Waktu reaksi manusia dan kemampuan motorik akan berkurang.

Hal ini berdapampak pada pengendara menjadi agresif dan sering melakukan kesalahan dalam berkendara. Seperti seringnya melamun, pengereman mendadak, waktu respon yang melambat dan bahkan pengendara sering kita temui lebih mudah emosi.

Pengemudi harus dapat menyikapi bahaya berkendara disaat sedang berpuasa.

Pertama, pengemudi harus mendapatkan istirahat yang cukup, sesudah menjalankan solat tarawih dianjurkan agar segera tidur tanpa melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat sehingga mendapatkan waktu tidur yang cukup sampai sebelum sahur.

Kedua, atur asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Konsumsi makanan yang memilki nilai tinggi dalam karbohidrat dan protein, agar menjadi cadangan energi nantinya disaat berpuasa.

Ketiga, manajemen dalam berkendara, tetapkan periode istirahat selama 15-30 menit setiap 1,5 jam berkendara. Bila memungkinkan gunakan transportasi dan kurangin berkendara disaat mengalami keletihan.

Keempat, lakukan pengecekan atau inspeksi pra-perjalanan. Cek kendaraan Anda dipagi hari sebelum berkendara. Cek; tekanan dan ketebalan ban, kelistrikan seperti lampu-lampu dan aki,  pengereman, oli, air radiator dan wiper bila untuk mobil,  dan surat seperti SIM/STNK/KIR.

Kelima, berkendaralah dengan empati. Selalu memberikan prioritas kepada sesama pengguna jalan yang memang haknya. Tertib dalam berkendara tidak melanggar aturan, dan mengutamakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Kelima tips diatas berguna untuk mengurangi resiko kecelakaan akibat keletihan berkendara disaat bulan puasa. Keletihan merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan yang mengakibatkan luka parah hingga kematian. Jadi jangan remehkan keletihan disaat berkendara, dan jangan lupa untuk menghimbaukan kepada keluarga, rekan dan kerabat agar dapat mengikuti kelima tips diatas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tulis Tanggapan
    Similar News
    Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    29 May 2019
    Ini Larangan Baru yang Harus Digalakkan Selain Pengendara Merokok
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    02 April 2019
    Mengenal arti markah jalan
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    13 March 2019